Plasma Konvalesen

Kastara.ID, Depok – Ketua PMI Kota Depok Dudi Miraz mengingatkan stok plasma konvaselen yang ada di PMI Depok ternyata stoknya sangat kurang sekali. Dia juga menyarankan kepada mantan pasien penderita Covid-19 yang sudah sembuh total jangan ragu-ragu untuk datang memberikan plasmanya ke PMI Depok di Jalan Boulevard GDC, Kota Kembang, Depok. “Saya akan layani dengan senang hati,” ujarnya, Jumat (16/7).

Satu-satu jalan menurut Dudi, jika ada yang membutuhkan plasma konvalesen, pihak dari keluarganya yang telah sembuh total dari Covid-19 boleh memberikan atau mendonorkan plasmanya yang tentunya diperiksa terlebih dahulu oleh tim PMI.

Terapi plasma ini baru dilakukan satu tahun terakhir, karena dianggap terapi plasma konvalesen dianggap mujarab dalam proses penyembuhan pasien yang terpapar Covid-19. Sudah terbukti pasien itu sembuh dan ini bagian dari ikhtiar-ikhtiar untuk memperkecil tingkat kematian.

Dudi mengungkapkan, dirinya pernah dirawat selama sebulan penuh di rumah sakit. “Sangat menyiksa, jangan sampai orang merasakan seperti saya. Ini merupakan pengalaman saya bercerita agar hindari pademi Covid-19. Alhamdulillah, saya telah melakukan donor plasma konvalesen kedua kalinya di Markas PMI Kota Depok. Ini merupakan bagian dari rasa syukur karena saya sudah bebas dari Covid-19 beberapa bulan lalu,” tandasnya.

Plasma konvalesen ini Insya Allah bisa membantu pasien Covid-19 dalam masa penyembuhan. Pasalnya, sudah ada permintaan plasma dari rumah sakit, sedangkan pihaknya hanya memiliki persediaan dua kantong.

“Plasma konvalesen ini bagian dari ikhtiar dan terapi untuk pasien yang sedang kritis. Semoga bisa bermanfaat,” ujarnya. (*)