Paskibraka

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Dinas Pemuda dan Olahraga telah mengukuhkan sebanyak 26 Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) DKI Jakarta tahun 2021. Sebanyak 13 Paskibraka putra dan 13 putri tersebut seluruhnya sudah mengikuti vaksinasi hingga dosis kedua.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Achmad Firdaus mengapresiasi keikutsertaan seluruh Paskibraka tersebut dalam menyukseskan gerakan vaksinasi.

“Mereka menjadi figur generasi milenial yang bisa memberikan contoh dalam masa masa pandemi COVID-19. Semoga seluruh anak sasaran usia sekolah di Jakarta semakin banyak tergerak untuk segera divaksin COVID-19,” ujarnya, Senin (16/8).

Firdaus menjelaskan, dua orang Paskibraka akan menjadi wakil dari Provinsi DKI Jakarta bertugas dalam upacara memperingati HUT ke-76 RI di Istana Negara. Kedua Paskibraka terpilih tersebut yakni Kiandra Muchlisya dari SMA Negeri 99 Jakarta Timur dan Febitri Nur Tsabitah siswi SMA Negeri 42 Jakarta Timur.

“Kita merasa bangga karena Febitri Nur Tsabitah mendapatkan amanah menjadi Komandan Upacara Pengukuhan Paskibraka Nasional Tahun 2021 oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo di Istana Negara Jakarta pada 12 Agustus lalu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, sebanyak 24 Paskibraka akan bertugas saat upacara memperingati HUT ke-76 RI di Balai Kota DKI Jakarta pada 17 Agustus 2021. Seluruh Paskibraka terpilih telah melalui proses seleksi berjenjang mulai dari tingkat wilayah sampai provinsi hingga dikukuhkan pada Jumat (13/8).

“Sebanyak 24 orang Paskibraka ini sedang melakukan Pemusatan Latihan (TC) di kawasan Pecenongan, Jakarta Pusat dengan pelaksanaan protokol kesehatan yang ketat,” terangnya.

Ia berpesan agar seluruh Paskibraka baik yang akan bertugas di tingkat provinsi maupun nasional untuk terus menjaga kondisi fisik dan mental, menumbuhkan semangat juang, kepedulian, kesetiaan dan kemandirian.

“Jaga terus kekompakan dan kebersamaan, serta tunjukan potensi diri kemampuan dan keterampilan yang dimiliki,” tandasnya. (hop)