Purna Paskibraka Indonesia (PPI)

Kastara.ID, Jakarta – Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) berkolaborasi dengan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Provinsi DKI Jakarta akan menggelar upacara pengibaran bendera Merah Putih di dalam akuarium raksasa Sea World Ancol.

Upacara memperingati HUT RI ke-76 dan pengibaran bendera Merah Putih ini akan diselenggarakan Selasa (17/8) pada pukul 09.00 WIB.

Upacara pengibaran bendera Merah Putih di dalam air dapat disaksikan secara virtual melalui akun Youtube Ancol Taman Impian dan Instagram @ancoltamanimpian, sehingga masyarakat masih dapat menikmatinya dari rumah.

Vice President Sea World dan Samudra Ancol, Rika Sudranto mengatakan, pengibaran bendera Merah Putih ini dilakukan penyelam profesional dan Paskibraka yang telah menempuh seleksi dan latihan khusus.

“Dua orang anggota PPI Provinsi DKI Jakarta yakni, Dyfa Zasqya Farrythama dan Chairil Amin Saputra yang bertugas mengibarkan bendera Merah Putih di dalam air akan didampingi oleh penyelam Sea World Ancol. Sedangkan yang bertugas membacakan Undang-Undang Dasar 1945 adalah Muhammad Kautsar Rayhanafi,” ujarnya, Senin (16/8).

Rika menjelaskan, mereka akan melakukan prosesi upacara pengibaran bendera Merah Putih ditemani dengan ribuan ikan yang ada di dalam akuarium utama berkedalaman enam meter di Sea World Ancol.

“Walaupun mereka berpengalaman mengibarkan bendera di darat, mereka tetap harus dilatih dan ditempa agar siap untuk membuat Sang Saka Merah Putih berkibar di dalam air,” terangnya.

Menurutnya, kegiatan upacara pengibaran bendera Merah Putih di dalam air digelar setiap tahun untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Pandemi COVID-19 yang melanda secara global saat ini tidak menyurutkan semangat bangsa Indonesia untuk memperingati dan memeriahkan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Melalui tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” diharapkan Indonesia dapat dengan tangguh menghadapi berbagai krisis yang selama ini dihadapi dan dengan ketangguhan dan berbagai upaya yang dilakukan di masa pandemi maka Indonesia akan tumbuh.

“Yuk ikuti keseruan kegiatan peringatan HUT ke-76 RI bersama Ancol Taman Impian. Sea World Ancol adalah salah satu tempat yang mengajarkan kita untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan, jangan pernah sia-sia kan kemerdekaan ini, mari kita membangun negeri, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh,” tandasnya. (hop)