Munir Arsyad
Kastara.ID, Jakarta – Masyarakat Indonesia, termasuk di Jakarta, akan merayakan HUT ke-77 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2022, besok.

Ketua Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) DKI Jakarta, Munir Arsyad mengatakan, perayaan HUT ini harus bisa dijadikan momentum untuk menggelorakan semangat nasionalisme.

“Saya ingin semangat nasionalisme, cinta tanah air terus kita miliki. Termasuk, generasi muda kita,” ujarnya, Selasa (16/8).

Munir menjelaskan, sangat penting untuk menanamkan rasa nasionalisme sejak usia dini di tengah era globalisasi dan perkembangan zaman saat ini.

“Jangan sampai perkembangan teknologi, keasikan dengan gadget justru membuat generasi kita lupa dengan pendahulunya yang memperjuangkan kemerdekaan,” terangnya.

Menurutnya, adanya berbagai perlombaan tujuh belasan di kampung-kampung yang juga banyak melibatkan anak-anak sangat perlu diapresiasi.

“Ini bisa menjadi sarana edukasi terkait Hari Kemerdekaan sejak usia dini, mereka jadi tahu kalau setiap tanggal 17 Agustus kita memperingati HUT RI,” ungkapnya.

Ia menambahkan, seluruh anggota FKDM di Jakarta siap menyemarakkan peringatan HUT ke-77 RI. Termasuk, untuk terlibat dalam pemasangan bendera di lingkungan masing-masing.

“Anggota FKDM ada lebih dari 3.000 yang tersebar di lima wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu. Ayo kita bangkitkan lagi semangat nasionalisme,” tandasnya. (hop)