Simon McMenemy

Kastara.ID, Jakarta – Penampilan Timnas Indonesia di ajan Kualifikasi Piala Dunia 2022 benar-benar babak belur. Pada Selasa (15/10) kemarin di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Timnas Indonesia harus menelan kekalahan dari Vietnam 1-3. Kekalahan ini menjadikan anak asuh Simon McMenemy selalu kalah dalam empat pertandingan.

Sebelumnya Timnas Indonesia juga menyerah dari lawan-lawannya, yakni Malaysia (2-3), Thailand (0-3), dan Uni Emirat Arab (0-5). Parahnya, gawang Tim Garuda harus bobol sebanyak 14 gol dan hanya mencetak tiga gol. Lebih memalukan lantaran tiga dari empat pertandingan tersebut dilaksanakan di Indonesia.

Kekelahan ini sontak membuat marah para penggemar sepak bola tanah air. Melalui laman Twitter, warganet meminta pelatih Simon McMenemy segera angkat kaki dari Timnas Indonesia. Warganet pun mengumandangkan tagar #Simonout. Pasalnya dari empat pertandingan Indonesia masih duduk di dasar klasmen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Hal ini sekaligus memperberat langkah Indonesia untuk maju ke fase berikutnya dalam putaran final Piala Dunia 2022.

Beberapa nama pun muncul sebagai kandidat pengganti mantan pelatih Bhayangkara FC itu. Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Sesmenpora) menyebut mantan pelatih Timnas Indonesia Luis Milla menyatakan siap come back. Pelatih berkebangsaan Spanyol itu menurut Gatot sudah terlanjur jatuh cinta dengan Indonesia.

Selain itu muncul pula nama pelatih lokal, Seto Nurdianto dan Rahmad Darmawan. Seto saat ini diketahui tengah melatih PSS Sleman. Di tangan Seto, klub asal Yogyakarta itu menjelma menjadi tim tangguh. Saat ini PSS Sleman berada di peringkat tujuh klasmen sementara Liga 1.

Sedangkan Rahmad Darmawan saat ini tercatat sebagai pelatih PS Tira Persikabo, Bogor. Tangan dingin pelatih yang kerap disapa RD ini terbukti ampuh dan membuat PS Tira Persikabo menduduki peringkat tiga, klasmen sementara Liga 1. (lan)