Gulkarmat

Kastara.ID, Jakarta – Kepala Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta, Satriadi Gunawan menginstruksikan jajarannya agar turut serta melakukan upaya antisipasi banjir dan genangan dalam menghadapi musim penghujan.

Satriadi mengatakan, para Kepala Sektor diminta berkoordinasi dengan lurah camat setempat dan SKPD terkait untuk membersihkan tali-tali air dan saluran baik di jalan maupun permukiman warga.

“Saya mengeluarkan Surat Instruksi kepada Kasektor untuk berkoordinasi dengan Satpel SDA dan para lurah, camat untuk bisa membantu membersihkan tali air yang tersumbat sehingga dapat mengakibatkan genangan di jalan-jalan,” ungkap Satriadi, Jumat (16/10).

Satriadi mengatakan, petugas damkar dapat menggunakan unit pompa di posnya masing-masing untuk membersihkan saluran dan tali-tali air. Kapasitas air unit pompa berkisar 2.500-10.000 liter yang memiliki tekanan atau daya semprot bervariasi. Khusus untuk pembersihan tali-tali air dan saluran dapat menggunakan unit pompa bertekanan tujuh sampai 17 bar.

“Seringkali tali-tali air itu tersumbat atau mampet karena ada sampah-sampah atau buangan. Dengan menggunakan unit pompa bertekanan tujuh sampai 17 bar dan dilengkapi nozzle, kita bisa mendorong sampah biar lancar. Jadi tidak perlu membongkar,” kata Satriadi.

Dia menambahkan, Kepala Sektor juga diinstruksikan untuk memetakan lokasi-lokasi rawan banjir atau genangan sehingga nantinya petugas dengan sigap melakukan tindakan evakuasi atau penyelamatan.

“Lokasi-lokasi mana saja yang berpotensi kalau ada genangan saat banjir kami lakukan penyedotan mempercepat genangan atau banjir surut. Intinya kami siap melakukan perbantuan,” tandas Satriadi. (hop)