Kastara.ID, Mandalika — Pembalap Spanyol, Marc Marquez, telah dipastikan akan membalap untuk tim satelit Gresini Racing mulai MotoGP 2024. Marquez akan menggunakan motor Ducati, bertandem dengan adiknya, Alex Marquez.

Alex sudah lebih dulu pindah ke Ducati mulai 2023 ini. Sebelumnya Alex membalap bersama Honda selama tiga musim.

Mantan pembalap MotoGP asal Spanyol, Jorge Lorenzo, berpendapat bahwa Marquez meninggalkan Ducati kemungkinan disebabkan oleh kesalahan Honda melepas adiknya.

Lorenzo yakin jika Honda tetap mempertahankan Alex, itu akan menyulitkan Marquez untuk meninggalkan Honda.

“Fakta bahwa Honda membiarkan Alex lolos sangat membantu keputusan Marc meninggalkan Honda tahun ini,” papar Lorenzo yang dilansir DAZN, seperti diwartakan Crash.net.

“Jika dia tidak mendapat referensi dari Alex di rumahnya, siapa yang bisa memberitahunya bagaimana perkembangan Ducati. Tentunya dia mengatakan kepadanya bahwa itu luar biasa. ‘Ini berjalan dengan baik di semua sirkuit dan kondisi, berjalan dengan baik di depan, berbelok, akselerasi, Anda mendapat kepercayaan diri di bagian depan…’ Jika Honda tetap mempertahankan Alex Marquez, tentu Marc akan lebih sulit mengambil keputusan. Saya tidak ragu,” jelas Lorenzo.

Alex naik ke MotoGP secara mendadak pada tahun 2020 yang lalu, menggantikan Lorenzo di tim Repsol Honda.

Alex hanya bertahan satu tahun dan kemudian diturunkan ke tim satelit LCR Honda selama dua musim; 2021 dan 2022. (tra)