TPU Bambu Apus

Kastara.ID, Jakarta – Pengurukan Tahap I lahan di Taman Pemakaman Umum (TPU) Bambu Apus di Jalan Bambu Wulung, Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, telah rampung.

Kepala Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Christian Tamora Hutagalung mengatakan, tiga alat berat dikerahkan untuk pengurukan lahan seluas 2,5 hektare.

“Alat berat yang dikerahkan merupakan perbantuan dari Sudin Bina Marga dan Sudin Lingkungan Hidup. Pengerjaan Tahap I dimulai Juni 2021 dan rampung pada 10 November lalu,” ujarnya, Selasa (16/11).

Menurutnya, tanah yang digunakan untuk pengurukan ini berasal dari proyek pengerukan Waduk Munjul, Waduk Tiu dan pembuatan sumur resapan di sejumlah lokasi di Jakarta Timur. Sebelumnya di lokasi tersebut telah diuruk lahan seluas 2,5 hektare yang dijadikan lahan pemakaman COVID-19.

“Saat ini kita sedang melakukan pengurukan lahan lanjutan di TPU Bambu Apus yang masih berupa rawa-rawa. Ini untuk perluasan area makam di TPU,” terangnya.

Sementara Pengawas TPU Zona 19 Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Muhaimin menambahkan, TPU Bambu Apus menjadi salah satu solusi pemenuhan kebutuhan lahan makam di Jakarta Timur yang jumlahnya semakin terbatas.

“Area seluas 2,5 hektare di TPU ini sudah digunakan untuk pemakaman jenazah dengan protap COVID-19. Saat ini secara bertahap kita uruk yang 2,5 hektare untuk pemakaman non-COVID-19 atau umum. Kemudian, area seluas 3.000 meter persegi di kawasan yang sama akan digunakan untuk embung,” tandasnya. (hop)