Afghanistan

Kastara.ID, Jakarta – Media Amerika Serikat (AS) melaporkan bahwa Donald Trump telah mengumumkan penarikan sekitar 4.000 tentara dari Afghanistan.

Beberapa pasukan akan dipekerjakan kembali, sementara yang lain tidak akan diganti ketika masa tugasnya berakhir. Pemerintahan Trump mengatakan, pengumuman penarikan bisa disampaikan minggu ini, tetapi waktunya belum pasti.

Sementara seorang juru bicara pasukan AS di Afghanistan mengaku belum menerima perintah untuk mengurangi jumlah pasukan.

Untuk diketahui, AS dan kelompok Taliban sepakat melanjutkan perundingan damai setelah sempat dihentikan secara sepihak oleh Trump pada September lalu. Pekan lalu mereka bertemu untuk mencari jalan keluar mengurangi kekerasan dan mencapai gencatan senjata.

Namun lagi-lagi Washington menghentikan pembicaraan damai setelah hari Kamis lalu pangkalan militer AS di Kabul mendapat serangan bom bunuh diri hingga menewaskan dua warga sipil dan puluhan lainnya luka-luka.

Sekitar 13.000 tentara AS sudah berada di Afghanistan selama 18 tahun lamanya. Mereka dikerahkan usai serangan 11 September 2001. Kini Trump berencana menarik pasukan dan hanya menyisakan 8.600 orang. (sud)