Benny K Harman

Kastara.ID, Jakarta – Anggota Komisi III DPR RI Benny K Harman mengatakan, Jokowi harus membuktikan ke publik bahwa susunan anggota Dewan Pengawas (Dewas) KPK yang ditunjuk dan diangkat Presiden tersebut tidak menjadi alat politik atau kepanjangan tangan oligarki kekuasaan.

Kendati demikian, politisi Partai Demokrat itu tak mempermasalahkan latar belakang anggota Dewas KPK yang akan diangkat Jokowi, sekalipun berlatar belakang partai politik. “Kredibilitas itu yang penting, siapa pun dia,” katanya pada Senin (16/12), seperti dilansir kompascom.

Lebih lanjut, Benny berharap anggota Dewas KPK bisa bekerja secara transparan dan akuntabel serta tidak diintervensi oleh presiden. “Jokowi harus menjamin mereka bekerja secara independen, tidak diperalat oleh Jokowi atau kekuasaan,” pungkasnya.

Seperti diketahui sebelumnya, Jokowi mengaku telah merampungkan nama-nama anggota Dewas KPK. Mereka dikabarkan akan dilantik berbarengan dengan pelantikan Pimpinan KPK 2019-2024 pada 20 Desember 2019 mendatang. (rso)