Sumur Resapan

Kastara.ID, Jakarta – Warga yang tinggal di Jalan Kemuning RT 04, 08 dan 10 RW 01 Kelurahan Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur, saat ini sudah bisa menikmati manfaat sumur resapan yang dibangun di wilayah mereka.

Ketua RW 01 Rawa Bunga, Dwi Lestari mengatakan, di wilayahnya ada delapan sumur resapan yang tersebar di RT 04 sebanyak empat sumur resapan, RT 08 ada dua dan di RT 10 ada dua sumur resapan. Saat terjadi hujan deras, di lokasi yang terdapat sumur resapan ini tidak ada lagi genangan. Kondisi jalan juga langsung kering saat hujan reda. Padahal, saat sebelum ada sumur resapan, ketika hujan deras banyak genangan yang cukup mengganggu kenyamanan warga.

“Kini setelah ada sumur resapan, tidak ada genangan lagi,” kata Dwi, Kamis (16/12).

Lurah Rawa Bunga, Syafei menjelaskan, total jumlah sumur resapan yang dibuat di wilayahnya ada 166. Seluruh sumur resapan ini ada yang dibuat oleh Dinas Sumber Daya Air, kolaborator dan KSD wali kota Jakarta Timur dan sebagainya. Saat ini seluruh sumur resapan sudah selesai dibangun. Khusus sumur resapan yang KSD, dibuat oleh anggota PPSU kelurahan.

“Total sumur resapan yang dibangun di Kelurahan Rawa Bunga mencapai 166. Seluruhnya sudah selesai dibangun di sembilan RW,” pungkas Syafei. (hop)