Vaksinasi COVID-19

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah mulai melaksanakan program vaksinasi Tahap Kedua. Sebagai langkah awal, vaksinasi COVID-19 dosis pertama diberikan kepada para pedagang maupun pekerja di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pemberian vaksin dilakukan secara bertahap dengan target 1.500 pedagang setiap harinya.

Pedagang yang teregistrasi akan dilakukan skrining kesehatan terlebih dahulu sebelum diberi vaksin. Setelah divaksin mereka akan diobservasi selama 30 menit untuk melihat Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

“Ini dikerjakan bersama Kemenkes RI dengan Pemprov DKI Jakarta. Harapannya, semua pekerja dan pedagang di pusat perdagangan akan mendapatkan vaksin,” ujarnya, saat mendampingi Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meninjau pelaksanaan vaksinasi, Rabu (17/2).

Anies menjelaskan, pasar merupakan salah satu tempat banyak orang berinteraksi. Maka itu, vaksinasi CIVID-19 bagi para pedagang diharapkan bisa membantu mencegah keterpaparan di tempat ramai atau interaksi warga.

“Pelaksanaan vaksinasi untuk para pedagang di Pasar Tanah Abang ini menjadi percontohan. Akan ada pasar-pasar berikutnya, 153 pasar bertahap semuanya,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, pelaksanaan vaksinasi bagi para pedagang Tanah Abang berlangsung selama enam hari ke depan. Pendaftaran akan tetap dibuka untuk mengakomodir pedagang yang belum mendapat vaksin.

“Kita pastikan koordinasi dengan Perumda Pasar Jaya untuk pendataan agar tidak ada yang terlewat,” tandasnya. (hop)