Lansia

Kastara.ID, Jakarta – Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Laksono menyatakan bahwa hingga saat inibelum ada efek samping yang berat dirasakan oleh lebih dari satu juta orang yang telah menerima vaksin Covid-19

“Sejauh ini kami sudah melakukan vaksinasi sebanyak lebih dari satu juta vaksinasi dan belum ada efek yang berat dari vaksinasi tersebut,” kata Dante dalam video yang diterbitkan Setwapres, Rabu (17/2).

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan per 16 Februari 2021 kemarin, jumlah warga Indonesia yang sudah mendapatkan vaksin sebesar 1.468.764 orang.

Dante mengatakan, pemerintah akan terus melakukan percepatan proses vaksinasi hingga mencapai 70 persen dari seluruh penduduk Indonesian. Ia pun menargetkan vaksinasi itu akan rampung dalam kurun waktu 12 bulan.

“Nanti akan tervaksinasi dalam kurun waktu 12 bulan seperti yang kita targetkan,” kata Dante.

Sementara Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, proses vaksinasi bagi lansia merupakan program strategis pemerintah. Hal itu bertujuan untuk melindungi kelompok lansia yang merupakan salah satu kelompok rentan terpapar Covid-19 di Indonesia.

Ia mengatakan pemerintah akan terus mempercepat melakukan vaksinasi bagi masyarakat Indonesia hingga mencapai target 70 persen dari jumlah penduduk Indonesia.

“Oleh karenanya memberikan vaksin kepada lansia adalah telah memberikan perlindungan kesehatan kepada kelompok lansia. Dan Wapres salah satu masuk kelompok lansia di atas 70 tahun,” kata Doni. (ant)