Kastara.ID, Jakarta – 800 meter kubik sampah berhasil diangkut dari Pintu Air Manggarai, Jalan Tambak, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (17/2). Sampah tersebut ikut terhanyut saat terjadi hujan deras yang mengguyur wilayah Jabodetabek, Rabu (16/2) kemarin malam.

Kepala Satuan Pelaksana UPK Badan Air Jakarta Pusat, Farry Andhiko menuturkan, sampah di Pintu Air Manggarai meningkat drastis sejak pukul 02.00 dinihari dan ketinggian air menyentuh siaga tiga atau ketinggian 745 sentimeter.

“Pasca Katulampa Bogor siaga tiga di ketinggian 100 sentimeter dan Depok siaga tiga di ketinggian 200 sentimeter kemarin sore, kami sudah siap antisipasi sampah kiriman yang tiba pukul 02.00 dini hari,” ungkap Farry.

Menurut Farry, saat ini jumlah volume sampah yang masuk ke Pintu Air Manggarai meningkat tajam dan terus dibersihkan petugas. Hingga pukul 11.30, tercatat sekitar 800 meter kubik sampah telah diangkut.

Dia mengungkapkan, sampah yang diangkut di antaranya berupa potongan pohon, bambu, kasur dan material sampah rumah tangga. Sampah tersebut akan dibawa ke TPST Bantar Gebang.

“Ada 15 truk dan tiga alat berat diterjunkan dalam pengangkutan sampah kali ini,” terangnya. (hop)