HUT RI

Kastara.ID, Depok – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dalam kesederhanaan mengingat kondisi kesehatan di tengah pandemi Coronavirus atau Covid-19. Pemkot Depok juga berupaya memulihkan ekonomi, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

“Di tengah pandemi Covid-19, penanganan kesehatan menjadi prioritas utama untuk memutus mata rantai penularan virus tersebut. Salah satunya dengan berbagai kegiatan, seperti sosialisasi secara masif serta pembagian masker,” kata Wali Kota Depok Mohammad Idris di Balai Kota Depok, Senin (17/8).

Ditambahkan Idris, sejumlah langkah sudah dipersiapkan untuk pemulihan ekonomi di Kota Depok. Mulai dari sektor industri pengolahan serta perdagangan barang dan jasa ikut terdampak akibat pandemi Covid-19.

“Kedua sektor tersebut berkembang pesat. Untuk saat ini mengalami penurunan 60 hingga 70 persen, akibat sulitnya bahan baku dan demand (permintaan) pasar yang rendah,” ungkapnya.

Langkah yang sudah disusun antara lain Bantuan Sosial (Bansos) Jaring Pengaman Sosial (JPS) berupa bantuan logistik bagi korban Covid-19, pemulasaraan jenazah Covid-19, serta insentif bagi tenaga kesehatan medis lainnya.

Sementara untuk penanaman modal usaha, pemberdayaan perempuan kepala keluarga, Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) dan lainnya.

Kami berharap untuk semua daya dan upaya demi menjaga daya beli masyarakat dan mengurangi kemiskinan. Dengan cara produktivitas industri pengolahan, penataan ruang publik bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), bantuan permodalan dan lainnya. “Kami sangat optimistis, pandemi ini bisa segera diatasi dan ekonomi segera pulih,” imbuhnya. (*)