Kineforum

Kastara.ID, Jakarta – Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) mengadakan diskusi publik dengan tema Kembalinya Kineforum: Pentingnya Ruang Putar Alternatif secara daring.

Dengan beberapa peningkatan fasilitas, Kineforum siap mengembangkan berbagai program.

Koordinator Program Kineforum, Ifan Ismail, dalam kesempatan itu mengatakan, Kineforum bukan sekadar ruang putar, tetapi sebuah flatform. Oleh sebab itu ketika ada perbaikan fasilitas, Kineforum tetap beraktivitas.

“Yang sekarang itu ada dua studio kapasitas 90 dan 50. Ada ruang serbaguna. Kursinya seperti di bioskop komersial. Mudah-mudahan nyaman ya,” ucapnya, Rabu (17/8).

Mengenai program, ia mengatakan Kineforum siap meningkatkan kolaborasi dengan berbagai pihak.

“Untuk memanfaatkan ruang serbaguna silakan kontak kami. Kami pun secara aktif mencari kesempatan-kesempatan untuk berkolaborasi,” ujarnya.

Ia mengatakan, semangat dalam pengembangan program Kineforum ke depan bukan sekadar ruang putar, tetapi ruang produksi pengetahuan. Bisa tentang film, bisa melalui film.

“Jadi produksi pengetahuannya itu benang merahnya film,” sambungnya.

Ditambahkan Ifan, sejak 2017, pihaknya sudah menggalakkan produksi pengetahuan melalui film. Topiknya bisa apa saja. Misalnya mengenai lingkungan, psikologi, kesehatan mental, dan sosial. (hop)