Hal itu disampaikan Heru saat bertugas sebagai Inspektur Upacara HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2023 di Lingkungan Pemprov DKI Jakarta yang berlangsung di Monas, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (17/8).

Menurut Heru, semangat gotong royong telah terbukti ketangguhannya dalam menghadapi situasi krisis.

“Mulai dari penanganan pandemi COVID-19 hingga menjaga pertumbuhan ekonomi dan stabilitas politik di tengah ketidakpastian global,” ungkap Heru.

Pada kesempatan itu, Heru menyampaikan, perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI merupakan momentum untuk merenung sejauh mana peran pembangunan Jakarta dalam kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta harus mengarahkan fokusnya pada transformasi Jakarta menjadi Kota Global, sebagai simpul utama jaringan ekonomi dunia yang berdampak nyata pada urusan sosial dan ekonomi global.

“Prioritas pembangunan Jakarta di masa mendatang adalah memperkuat peran kota sebagai Pusat Pertumbuhan Indonesia, sejalan dengan Cita Provinsi, Sukses Jakarta Untuk Indonesia. Melalui hal ini, kita menunjukkan komitmen dalam mendukung kemajuan Republik Indonesia,” urai Heru.

Heru mengatakan, kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berperan penting dalam mewujudkan Sukses Jakarta. Setiap ASN harus memiliki visi yang sejalan dengan pembangunan Jakarta dan bersinergi untuk melahirkan berbagai inovasi dalam mengelola kota serta melayani masyarakat lebih baik.

Heru menjelaskan, peningkatan kompetensi dan mengikuti perkembangan teknologi informasi harus terus diupayakan, diikuti dengan pemberian pelayanan yang profesional, sikap disiplin dan keteladanan agar menumbuhkan kepercayaan masyarakat untuk turut serta dalam pembangunan Kota Jakarta.

“Setiap tindakan memiliki dampak dan kerja keras Anda akan menorehkan prestasi bagi masa depan serta kesejahteraan masyarakat yang lebih baik,” ucap Heru.

Heru juga meminta seluruh ASN agar menjaga integritas dan profesionalisme dengan bersikap netral menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di tahun 2024.

“Jakarta akan menjadi pusat perhatian sebagai cerminan politik nasional,” ucap Heru.

Heru juga mengajak seluruh elemen masyarakat agar menjaga situasi tetap kondusif, menggunakan hak pilih dengan tanggung jawab dan menghindari tindakan provokatif yang dapat mengganggu ketertiban umum. Dia menambahkan, HUT ke-78 Kemerdekaan RI dirayakan dengan semangat persatuan dan kesatuan. Kemerdekaan yang diperingati hari ini harus menjadi dorongan untuk terus berkontribusi pada pembangunan bangsa.

“Dengan semangat gotong royong, bersama kita Terus Melaju untuk Indonesia Maju,” tandas Heru. (hop)