Elpiji

Kastara.ID, Jakarta – PT Pertamina dikabarkan bakal menarik peredaran gas Elpiji 12 kilogram atau tabung biru. Nantinya Pertamina hanya akan menjual Bright Gas 12  kilogram tabung merah muda. Kebijakan tersebut akan berlaku di seluruh Indonesia.

Pergantian Elpiji tabung biru tertuang dalam surat dari PT Pertamina (persero) Nomor 1736/Q24030/2020-S3 tertanggal 31 Mei 2020 mengenai Produk Tunggal Gas 12 kilogram.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman dalam keterangan persnya (16/10) mengatakan, penarikan gas Elpiji tabung biru akan dilakukan bertahap mulai November 2020. Setelah semua stok habis barulah akan diganti dengan Bright Gas.

Fajariyah menjelaskan, tidak ada perbedaan antara Elpiji tabung biru dan Bright Gas. Baik ukuran dan isi tabung maupun harga jualnya sama. Perbedaan menurut Fajariyah hanyalah tampilannya saja. Tabung Elpiji berwarna biru sedangkan Brigt Gas merah muda.

Fajariyah menambahkan, tabung Bright Gas bahkan sudah dilengkapi valve double spindle yang berguna mencegah kebocoran. Sehingga tabung Bright Gas lebih aman.

Penarikan tabung biru juga dimaksudkan sebagai strategi distribusi penjualan gas. Nantinya Pertamina akan menerapkan single brand. Saat ini Pertamina menjual dua jenis gas 12 kilogram untuk rumah tangga, yakni Elpiji tabung biru dan Bright Gas tabung merah muda atau pink.

Penarikan Elpiji tabung biru akan membuat Pertamina fokus pada pemasaran dsn distribusi Bright Gas. (mar)