SMAN 3 Depok

Kastara.ID, Depok – Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum berharap para tenaga pendidik di Kota Depok mampu memberikan pendidikan lahir dan batin kepada pelajar. Dengan begitu, dapat menciptakan generasi penerus yang berkarakter dan berdaya saing tinggi.

“Hal ini sejalan dengan  harapan pimpinan mengenai visi misi Jawa Barat Juara Lahir Batin. Di samping mencerdaskan kehidupan bangsa meningkatkan keimanan dan ketakwaan, juga moral dan akhlak yang harus diterapkan,” ujar Wagub Uu, saat memberi arahan pada kegiatan Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/SMK/SLB dan Pengawas Sekolah se-Kota Depok, di SMAN 3 Depok, seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok (15/11).

Menurutnya, pendidik harus mampu memberikan pendidikan karakter sesuai tujuan pendidikan nasional kepada seluruh siswanya. Guru diharapkan tidak hanya mementingkan pendidikan akademis.

“Para guru agar menyampaikan pesan moral terhadap anak, di saat ada di kelas sekali pun,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Kepala SMAN 3 Depok, Nurlaely mengatakan, pentingnya pendidikan karakter sesuai tujuan pendidikan nasional. Yaitu berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab

“Juga sesuai dengan visi Jawa Barat yaitu Jawa Barat juara lahir batin. Jadi yang juara lahir batin itu yang masagihnya bagus yaitu yang beriman, ibadahnya juga bagus Hablumminallahnya, kemudian juga akhlaknya juga bagus Hablumminannasnya,” ungkapnya.

Selain itu, penerapan pendidikan karakter yang sesuai tujuan pendidikan nasional sudah sejalan dengan visi SMAN 3. Antara lain menjadikan warga sekolah yang mengutamakan pembentukan akhlakul karimah, unggul dalam prestasi, prima dalam pelayanan, peduli lingkungan dan berwawasan ke masa depan.

“Jadi dari visi aja tujuan pendidikan Jawa Barat dengan sekolah saja sudah sama,” jelasnya. (dha)