Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta berkomitmen mengupayakan ketahanan pangan di Jakarta. Terlebih, sekitar 98 persen pangan di Jakarta berasal dari luar. Kondisi demikian ditambah dengan isu tentang krisis pangan membuat semua daerah tentu wajib memenuhi kebutuhan pangannya.

“Itulah, dengan minimnya lahan untuk pertanian kita harus bersama-sama memanfaatkan ruang yang ada dengan pertanian perkotaan berbasis ruangan bukan luas lahan. Caranya dengan vertikal garden, hidroponik, pemanfaatan rooftop dan lain sebagainya seperti yang dilakukan pengelola Binus Square di area Binus Square Hall dengan menghijaukan lahan yang minim dengan berbagai jenis tanaman dan pohon produktif,” ujar Eli, sapaan akrabnya.

Eli juga mengapresiasi kegiatan Square Fest yang juga melibatkan para pedagang bunga Pasar Rawabelong menggelar berbagai kegiatan demi menumbuhkan perekonomian.

Eli juga berharap acara seperti itu tidak sekadar seremonial melainkan harus ada tindak lanjut dan pihaknya siap membantu konsep-konsep demi terciptanya ketahanan pangan di Jakarta.

Sementara Manajer Binus Square, Yuliana menuturkan, kegiatan Square Fest Binus untuk menumbuhkan minat para mahasiswa untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan penghijauan.

Ditambahkan Yuliana, pihaknya juga bekerja sama dengan pedagang Pasar Bunga Rawa Belong dalam gelaran Square Fest Binus yang akan berlangsung 17-19 November 2023. Kegiatan antara lain diisi dengan pemberian materi merangkai bunga, lomba merangkai bunga, workshop, dan lain sebagainya.

“Kami berharap kegiatan ini bisa bermanfaat, khususnya bagi para mahasiswa untuk belajar dan mengenal berbagai kegiatan dalam Square Fest Binus,” tandasnya. (hop)