Kegiatan JTF sudah dilaksanakan di Palembang pada 18 hingga 22 Oktober 2023, menyusul kemudian di Surabaya pada 1-5 November 2023, dan terakhir dilaksanakan di Atrium lantai 1 Mall Boemi Kedaton Lampung pada 15-19 November 2023.

Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini bertujuan mempromosikan keunikan serta keragaman yang ada di DKI Jakarta sekaligus dalam rangka mendukung program Pemerintah Pusat BBWI – Bangga BerWisata di Indonesia dengan target 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara.

“Untuk itu kami berharap Jakarta Travel Fair dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari daerah lain ke Jakarta, untuk menikmati liburan di Jakarta aja,” ujar Andhika, dalam keterangan tertulis, Jumat (17/11).

Andhika menyampaikan, berbeda dari tahun sebelumnya, pelaksanaan JTF tahun ini membuat terobosan baru dengan menggandeng asosiasi sektor pariwisata. Adapun asosiasi travel agent seperti Asosiasi Travel Agent Indonesia atau ASTINDO, yang sudah sering menyelenggarakan berbagai acara travel fair agar jumlah kunjungan wisatawan ke DKI Jakarta dapat semakin meningkat.

Dia menjelaskan, peserta JTF melibatkan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Jakarta dari lintas sektoral yakni travel agent/tour operator, hotel, transportasi, pemandu wisata, destinasi wisata, maskapai penerbangan, toko suvenir, perajin batik, dan sebagainya, yang akan memberikan harga khusus selama pameran ini.

Sejumlah maskapai penerbangan juga turut serta mendukung kegiatan JTF 2023 melalui pemberian doorprize tiket dan promosi harga khusus selama pameran.

“Para travel agent pun akan memperkenalkan paket-paket wisata unik dan baru seperti 46 rute walking tourdoor to door packagestudent programisland hopping, dan penawaran menarik untuk berwisata ke Jakarta lainnya,” urai Andhika.

Dalam rangkaian kegiatan JTF 2023 ini juga akan diselenggarakan kegiatan corporate gatheringdestination presentationbusiness networking untuk memberikan kesempatan bagi peserta pameran/eksibitor dari Jakarta menginformasikan tentang kemajuan, keanekaragaman, keunikan kota Jakarta, agar dapat dipertimbangkan menjadi destinasi pilihan untuk perjalanan korporasi, sekolah, dinas, BUMD, serta masyarakat di luar Jakarta.

Kepala Bidang Pemasaran dan Atraksi, Dinas Parekraf DKI Jakarta, Sherly Yuliana mengatakan, sejumlah bank juga ikut serta dalam JTF 2023 dengan memberikan dukungan berupa potongan harga sebesar Rp 300.000 untuk minimum pembelanjaan Rp 3.000.000 dan bonus-bonus seperti E-money.

“Selain itu, ada paket untuk kuliner eksklusif. Perusahaan telekomunikasi dengan jaringan terkuat seluruh Indonesia – Telkomsel, juga turut berpartisipasi dalam event JTF 2023,” ucap Sherly.

Dia menambahkan, Pendapatan Asli Daerah Provinsi DKI Jakarta di sektor Hotel, Restoran dan Hiburan sampai 18 september 2023 sudah hampir memenuhi target dengan pencapain sebesar Rp 4.732 trilun dari Target APBD 2023 yaitu senilai Rp 5.8 triliun.

“Dinas Parekraf DKI Jakarta berharap Jakarta Travel Fair dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari daerah lain ke Jakarta, untuk menikmati liburan di Jakarta saja,” tandasnya. (hop)