Pintu Air

Kastara.ID, Jakarta – Curah hujan yang cukup tinggi mengguyur kota Jakarta dan sekitarnya pada Sabtu (18/1) pagi tadi, di mana menyebabkan kenaikan tinggi air di Pintu Air Manggarai. Saat ini status Pintu Air Manggarai siaga 3.

Informasi itu disampaikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta melalui akun Twitter resmi @BPBDJakarta, Sabtu (18/1).

BPBD DKI mengumumkan bahwa antisipasi wilayah yang terdampak yakni Gondangdia, Grogol, Jati Pulo, Kalianyar, Karet Tengsin, Kota Bambu Selatan, Kota Bambu Utara, Menteng, Petamburan, dan Tomang.

Mereka telah menginformasikan status siaga 3 ini kepada lurah serta warga yang tinggal di bantaran kali melalui media sosial seperti Twitter, Facebook, Whatsapp, dan situs resmi.

“Penyebaran informasi melalui peringatan dini disaster early warning system (DEWS), lintasan sungai Ciliwung sudah diaktifkan, kenaikan tinggi muka air PA Manggarai mukul pukul 08.00 WIB, TMA 760 cm/mendung (waspada/siaga3),” cuit @BPBDJakarta.

BPBD juga sudah memberitahukan kepada camat dan lurah melalui grup Whatsapp Kebencanaan Pusdatib BPBD DKI Jakarta. (hop)