Penampungan Air Hujan

Kastara.ID, Depok – Warga RW 07 Kelurahan Ratujaya, Kecamatan Cipayung mendapat bantuan 11 tempat Penampungan Air Hujan (PAH) dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok. Bantuan ini sebagai bentuk dukungan atas partisipasi aktif masyarakat dalam mengelola lingkungan.

“Alhamdulillah, kami mendapatkan bantuan berupa PAH sebanyak 11 unit dari DLHK Kota Depok pekan lalu.  Tepatnya hari Jumat (15/1),” ujar Ketua RW 07, Sanusi, Senin (18/1).

Dikatakannya, pihaknya juga diberi bantuan berupa pipa talang, kran, dudukan PAH serta tenaga bantuan dari DLHK Kota Depok untuk memasang. Saat ini, belasan PAH ini telah ditempatkan di beberapa titik strategis di rumah warga.

“Sudah kami pasang di beberapa rumah warga dari RT 01 sampai RT 06. Rencananya, air yang ditampung kami gunakan untuk menyiram tanaman, mencuci beras, dan lain-lain,” ungkapnya.

Sementara Kepala DLHK Kota Depok Ety Suryahati meminta masyarakat untuk bersama-sama menjaga serta melestarikan lingkungan. Caranya dengan bergotong royong melakukan penghijauan ataupun mengelola sampah.

“Mudah-mudahan upaya yang terus kita lakukan dan sosialisasikan secara masif ini, bisa membawa lingkungan jadi lebih baik,” tutupnya. (lan)