Citarum

Kastara.ID, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri seminar bertajuk “Membedah Citarum dari Hulu Sampai ke DKI Jakarta” di Auditorium Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Senin (18/2).

Anies menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya seminar yang diinisisasi oleh BPK RI untuk membahas mengenai tata kelola lingkungan air Sungai Citarum yang juga menjadi sumber pasokan air bersih untuk Jakarta. “Pasokan sumber air bersih untuk sebuah kota sangat penting,” ujarnya.

Anies sepakat, kualitas air di Sungai Citarum, khususnya Citarum Barat menjadi kunci bagi kualitas air bersih di Jakarta. Untuk itu, dirinya sangat berharap agar air di Citarum memiliki kualitas yang baik.

“Kami memandang hal yang sama, karena itu kami berharap dalam pengelolaan ini kita bisa menjaga kualitas air yang ada di Jakarta,” terangnya.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI ingin memprioritaskan masalah pasokan air, khususnya air minum.

Sementara Anggota IV BPK RI Rizal Djalil menuturkan, pihaknya mendukung penuh kebijakan yang diambil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkaitan dengan pengelolaan air di Ibukota.

“Kami siap membantu, supaya proses pengambilalihan itu menjadi kredibel dan akuntabel,” tandasnya. (hop)