Diamond Princess

Kastara.ID, Jakarta – Kementerian Luar Negeri merilis perkembangan kondisi WNI yang masih berada di Kapal Pesiar Diamond Princess di Perairan Jepang. Dari 78 WNI, ada tiga orang kru yang dinyatakan positif virus corona.

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi menyebutkan ada tiga WNI yang positif. Jadi saat ini total penumpang kapal yang dinyatakan positif virus corona menjadi 446 orang.

“Berdasarkan komunikasi kita terakhir, termasuk dengan Duta Besar Jepang maka diperoleh informasi bahwa tiga dari 78 kru WNI dinyatakan confirmed. Nah, 3 WNI tersebut adalah dari total 446 per saat ini yang dinyatakan confirmed,” ungkap Retno di kantor Kemenlu, Jakarta Pusat, Selasa (18/2).

Retno menjelaskan, kapal Diamond Princess membawa penumpang sebanyak 3.711 orang. Mereka berasal dari 56 negara. Sekitar 78 WNI bekerja sebagai kru di kapal pesiar mewah tersebut.

“Dapat saya sampaikan bahwa total orang yang ada di dalam kapal tersebut jumlahnya adalah 3.711 yang terdiri dari penumpang jumlahnya 2.666, sedangkan jumlah krunya mencapai 1.045,” tuturnya.

Menurut Retno, dua WNI sudah dilarikan dan mendapat penanganan dari rumah sakit di Kota Chiba, Jepang. Sementara satu lainnya, kata dia, masih ditangani di dalam kapal untuk dibawa ke rumah sakit.

“Dari 3 WNI yang sudah dinyatakan confirmed, dua di antaranya dibawa ke rumah sakit di Kota Chiba. Sementara yang satunya sedang menjalani proses untuk menuju rumah sakit. Hingga detik ini, saya belum dapat menyampaikan satu WNI dibawa ke RS mana,” katanya.

Retno mengaku, saat ini tim KBRI yang berada di Jepang pun sudah tiba di Kota Chiba. Ia menyampaikan, keberadaan KBRI untuk memastikan bahwa ketiga WNI itu akan mendapatkan penanganan yang baik.

“Tim KBRI mungkin saat ini sudah berada di Chiba pagi tadi, mereka memastikan bahwa WNI kita mendapatkan penanganan yang baik dari otoritas di Jepang,” tukasnya. (ant)