COVID-19

Kastara.ID, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut mayoritas pasien yang meninggal akibat Covid-19 adalah lanjut usia (lansia) dan belum menerima vaksin. Karena itu, dia meminta seluruh daerah untuk mempercepat vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat, khususnya lansia.

Pernyataan tersebut disampaikan Jokowi saat meninjau pelaksanaan vaksinasi di 17 provinsi secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Jumat (18/2).

“Dari data terakhir yang saya terima, 69 persen yang meninggal karena Omicron adalah lansia yang pertama, yang kedua yang belum divaksin,” ungkap Jokowi di siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Presiden mengatakan, hingga kini penyuntikan vaksin dosis kedua dan ketiga (booster) masih rendah. Untuk itu, dia meminta semua daerah segera mempercepat vaksinasi kedua dan booster.

“Dosis kedua dan dosis ketiga ini saya lihat masih banyak yang masih di bawah 60 persen masih rendah, dan agar didahulukan yang lansia,” tuturnya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga turut mendengar laporan terkait situasi Covid-19 capaian vaksinasi Covid-19 di sejumlah daerah. Bupati Boyolali Said Hidayah melaporkan bahwa terjadi peningkatan kasus Covid-19 yang cukup signifikan di daerahnya.

“Kurun waktu 4 hari terakhir ini, Kabupaten Boyolali juga terjadi peningkatan yang begitu cepat dari hari ke hari. Tanggal 17 (Februari) kemarin Kabupaten Boyolali peningkatannya begitu cukup banyak kurang lebih 345 kasus,” jelas Said. (ant)