JIS

Kastara.ID, Jakarta – Pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Jalan RE Martadinata, Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada minggu ke-88 telah mencapai 56 persen.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Achmad Firdaus optimistis, stadion bertaraf internasional berkapasitas 82.000 penonton ini diresmikan dan digunakan pada akhir tahun 2021.

“Semua relatif berjalan lancar. Progres realisasi pembangunan juga selalu diinput dan dilaporkan setiap minggu. Kami optimistis bisa sesuai jadwal Desember sudah bisa diresmikan Pak Gubernur,” ujarnya (17/5).

Firdaus mengatakan, pengerjaan pembangunan JIS saat ini fokus pada konstruksi stadion, terutama atap. JIS bakal dilengkapi dengan atap buka tutup (retractable roof) yang mengadopsi struktur space frame atau kerangka struktural tiga dimensi untuk mendukung hal tersebut. Fitur atap buka tutup dapat mengakomodir berbagai kebutuhan kegiatan yang berlangsung di bawahnya.

“Kalau atap sudah selesai tentunya persentase realisasi pekerjaan di lapangan meningkat pesat,” terangnya.

Corporate Manager Communication PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Melisa Sjah menambahkan, JIS akan dilengkapi dengan fitur sky viewing deck sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan lapangan dari sisi atas stadion dan mengelilingi lingkaran atap stadion. Struktur rangka atap utama telah tersedia di lokasi proyek JIS dan masih dalam tahap perakitan.

“Nantinya, atap yang sudah dirakit akan diangkat sekaligus menggunakan metode heavy lifting dengan berat struktur atap mencapai kurang lebih 4.000 ton,” tandasnya. (hop)