HBKB

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan untuk membuka kembali kegiatan hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) pada akhir pekan ini, Ahad (21/6), yang sempat ditiadakan selama pembatasan sosial berskala besar (PSBB) mencegah penyebaran pandemi Covid-19.

“Bahwa hari Ahad sudah ada hari bebas kendaraan bermotor, tetapi pedagang kaki lima tidak diperbolehkan,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo kepada wartawan, Kamis (18/6).

Syafrin menyebut warga yang berolahraga wajib menerapkan prinsip protokol kesehatan Covid-19 selama CFD. Sementara warga Ibukota yang sakit, merasa demam, flu tak boleh beraktivitas di CFD.

Langkah tersebut perlu dilakukan agar tak terjadi penyebaran virus corona. Di sisi lain, kata Syafrin, pelaksanaan CFD akan terus dipantau dan dievaluasi.

Kegiatan CFD, yang digelar setiap pekan, dihentikan sejak 11 Maret 2020. Program untuk mengurangi pencemaran udara di Ibukota distop sementara untuk menghindari penyebaran virus corona.Jakarta belum bebas dari virus corona. Hingga kemarin, jumlah kumulatif kasus positif virus corona di DKI mencapai 9.209 kasus. Dari jumlah itu, 4.445 orang dinyatakan telah sembuh dan 586 orang meninggal dunia. (hop)