Virtual Vertical Farming

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, Pertanian (KPKP) DKI Jakarta mengadakan pelatihan virtual yang mengangka tema “Optimalisasi Lahan Pekarangan Kota dengan Vertical Farming”.

Menariknya, melalui pemanfaatan teknologi di saat pandemi COVID-19 ini justru memungkinkan peserta pelatihan tidak hanya berasal dari Jakarta, tapi juga dari berbagai daerah di Indonesia.

Kepala Bidang Pertanian Dinas KPKP DKI Jakarta Mujiati mengatakan, pelatihan secara virtual ini memang terbuka untuk umum dengan salah satu narasumber adalah Slamet Budiarto yang merupakan praktisi urban farming dari Vinca Nursery.

“Ada 178 peserta yang terlibat dalam pelatihan dengan mengoptimalkan metode Vertical Farming,” ujar Mujiati, yang juga bertindak sebagai narasumber pelatihan virtual tersebut, Kamis (18/6).

Mujiati menjelaskan, selain dari sejumlah daerah di Pulau Jawa, peserta yang mengikuti pelatihan ini ada juga yang berasal Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan, hingga Sulawesi.

“Materi pelatihan yang diberikan yakni, pertanian perkotaan di Jakarta dan pengembangan pertanian perkotaan melalui optimalisasi lahan pekarangan kota dengan Vertical Farming,” terangnya.

Ia menambahkan, selain pemberian materi dari narasumber, dalam pelatihan ini juga dilakukan sesi diskusi dan tanya jawab.

“Pada akhir pelatihan kami juga adakan kuis. Peserta yang mampu menjawab pertanyaan dari narasumber diberikan hadiah,” tandas Mujiati. (hop)