Kastara.ID, Sachsenring — Balapan sulit dialami pembalap Repsol Honda, Marc Marquez di akhir pekan MotoGP Jerman.

Sejak hari pertama, Jumat (16/6) lalu, Marquez sudah bertabrakan dengan pembalap satelit Prima Pramac Racing, Johann Zarco.

Itu murni kecelakaan balap, tak ada yang bersalah dan tak ada penalti, baik untuk Marquez maupun Zarco.

Marquez terjatuh di Tikungan 1 di titik pengereman, kehilangan kendali motornya karena roda depan terkunci. Motornya jatuh dan menyeret Ducati Zarco yang hendak masuk lintasan. Beruntung keduanya selamat tanpa cedera berat.

Di hari kedua, Sabtu (17/6), Marquez kembali crash dengan pembalap satelit Mooney VR46 Racing, Marco Bezzecchi, di sesi Latihan Bebas pagi hari.

Pembalap Italia itu bersiap untuk memasuki Pitlane dan melambat untuk memeriksa di belakangnya tanpa mengantisipasi kehadiran Marquez.

Namun, Marquez yang melaju beriringan tak dapat menghindari dan terpaksa menabrak Bezzecchi. Namun keduanya tetap bertahan di atas motor mereka, tak ada yang terjatuh. Marquez lalu mengangkat tangan diarahkan ke Bezzecchi tanpa protes.

Walaupun Marquez yang menabrak, tapi Stewards menilai Bezzecchi yang melakukan kesalahan, karena dia tiba-tiba melepas gas dan mengganggu pembalap di belakangnya.

“Marc dan Marco melakukan kontak. Karenanya Bez menerima peringatan tindakan ‘conduct warning’,” ungkap MotoGP via Twitter.

Conduct Warning adalah sebuah peringatan dari Stewards Panel kepada pembalap yang terancam mendapat Penalty karena aksinya melanggar aturan. (tra)