Vaksin COVID-19

Kastara.ID, Jakarta – Pemerintah China berikan hak paten untuk vaksin Covid-19 pertama pada Ahad (16/8).

“China telah menyetujui paten vaksin Covid-19 pertama yang telah dikembangkan oleh tim ahli penyakit menular PLA, Chen Wei. Sebelumnya, uji coba tahap 2 calon vaksin menemukan bahwa vaksin tersebut aman dan memicu respons kekebalan,” tulis China Global Television Network (CGTN) lewat Twitter seperti dikutip dari Anadolu Agency.

Vaksin tersebut diketahui dikembangkan oleh Institut Bioteknologi Beijing dan perusahaan vaksin CanSino Biologics. Institute Bioteknologi Beijing adalah bagian dari Akademi Ilmu Kedokteran Militer Pemerintah China.

Penelitian tersebut melibatkan 320 sukarelawan sehat berusia antara 18 dan 59 tahun, 96 di antaranya berpartisipasi dalam uji klinis tahap 1, dan 224 dalam uji coba tahap 2.

Hasil uji coba menunjukkan bahwa vaksin tersebut secara efektif memberikan antibodi pada sukarelawan dan kemampuan yang baik untuk memicu respons kekebalan.

Virus corona diketahui mulai merebak sejak akhir 2019 di Kota Wuhan, China. Diduga virus itu berasal dari hewan lalu menular kepada manusia. Virus itu kemudian menyebar ke penjuru negeri dan bahkan lintas negara.

Hingga Selasa (18/8), virus corona telah menginfeksi 22.041.304 orang di dunia dan 777.194 kematian. Sejauh ini Amerika Serikat, Brasil, India, dan Rusia menjadi negara paling terpapar parah pandemi Covid-19. (har)