Didik J Rachbini

Kastara.ID, Jakarta – Disahkannya Revisi UU KPK oleh DPR RI beberapa hari lalu merupakan kejadian yang sangat luar biasa, dan juga sangat penting bagi perjalanan Republik ini. Upaya-upaya pelemahan KPK yang sebenarnya sudah berlangsung belasan tahun, baru sekarang ini bisa disebut sukses. Hal itu tidak lain karena adanya kolaborasi pihak eksekutif dan legislatif RI yang secara bersama-sama ikut serta dalam proses pelemahan KPK.

Jika dulu semasa pemerintahan Gus Dur dan Megawati eksekutif tidak mau ikut serta dalam skenario pelemahan KPK, tetapi sekarang pelumpuhan KPK menjadi sukses karena kolaborasi dua elemen negara tadi. Demikian komentar Prof Dr Didik J Rachbini dalam diskusi LP3ES pagi tadi (18/9) di ITS Tower, Pasar Minggu, Jakarta.

Prof Didik menambahkan bahwa sekarang sudah sempurna perjuangan menuju “Demokrasi Htam”, karena kekuasaan negara sudah leluasa berkiprah hendak berbuat apa saja. Ikut memberikan presentasi Dr Nur Iman Subono, Dr Wijayanto, Dr Ismail Fahmi, dan Malik Ruslan, peneliti LP3ES. (rya)