Germas

Kastara.ID, Depok – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengingatkan kepada pelajar SD Negeri Depok 1 untuk rajin menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Hal ini dimaksudkan agar penyakit yang disebabkan oleh kuman-kuman tidak mudah masuk ke dalam tubuh.

“Gerakan PHBS sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan diri, keluarga dan masyarakat. Salah satunya dengan mencuci tangan pakai sabun,” ujarnya saat menghadiri kegiatan Germas Goes To School di SDN Depok 1, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, seperti dimuat situs resmi Pemkot Depok, Senin (18/10).

Imam Budi Hartono menjelaskan, kebersihan tangan harus dijaga setiap waktu, terutama di masa pandemi Covid-19. Sambungnya, pemerintah pusat dan daerah terus menggencarkan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) sebagai upaya menghindari paparan virus tersebut.

“Sebelum makan, usai bersalaman, dan melakukan kegiatan harus selalu mencuci tangan di air mengalir atau menggunakan hand sanitizer,” ucapnya.

Dijelaskannya, dalam kegiatan Germas Goes To School juga dibarengi dengan pemeriksaan swab antigen untuk pelajar dan tenaga pendidik. Langkah ini dilakukan untuk melihat kondisi kesehatan para siswa selama melakukan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas.

“Hasil swab antigen pelajar akan kami jadikan acuan kebijakan dalam mengevaluasi PTM Terbatas. Swab ini juga akan dilakukan berkala selama kegiatan belajar mengajar,” pungkasnya. (dha)