Dinsos Kota Depok

Kastara.ID, Depok – Penelusuran Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok terhadap tiga anak Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) yang terlantar beberapa waktu lalu membuahkan hasil. Kini salah satu dari ketiga anak tersebut telah dijemput keluarganya.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok, Nita Ita Hernita mengatakan, anak yang telah dijemput orang tuanya berinisial F. Ketiga anak tersebut sebelumnya diamankan Satpol PP, kemudian diserahkan ke Dinas Sosial dan ditempatkan di Rumah Perlindungan Sosial (RPS).

“Benar salah satu anak di antaranya yang berinisial F pada Selasa (16/11) telah dijemput pihak keluarga. Tersisa A dan D di RPS. Kami bersama Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) terus melakukan pendampingan,” ucapnya sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok (17/11).

Dikatakannya, dalam proses penelusuran, pihaknya terus berupaya mencari keluarga serta kerabat anak-anak tersebut. Sampai sejumlah organisasi daerah Maluku pun berdatangan karena merespons penelusuran itu.

“Organisasi ini memverifikasi akan kebenaran kejadian tersebut. Apabila betul-betul keduanya merupakan anak asal Maluku dan terlantar, maka akan dibantu. Akhirnya pencarian kami berhasil menemukan keluarga dari A juga,” katanya.

Lebih lanjut, kata Nita, setelah F dijemput orang tuanya, A harus segera direunifikasikan karena telah ditemukan keluarganya. Kendati demikian, pihak keluarga wajib memenuhi persyaratan penjemputan anak yaitu membawa KTP, Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, serta bukti dokumentasi keluarga dan anak.

Kemudian, reunifikasi A dengan keluarga berlangsung juga di Kantor Dinas Sosial pada Selasa (16/11). Pertemuan dengan pihak keluarga disambut isak tangis sang ibu yang kembali dipertemukan dengan buah hatinya.

“Selain itu keluarga harus diasesmen kembali oleh pekerja sosial untuk memastikan status hubungan serta berbagai informasi penting lainnya sesuai kebutuhan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, beberapa waktu lalu ramai perbincangan di salah satu akun media sosial terkait tiga anak terlantar yang ditemukan pada salah satu mal di Kota Depok. Ketiganya mengaku sebagai kakak beradik, berasal dari keluarga salah satu marga tidak memiliki orang tua.

“Mereka bukan kakak beradik, dan tidak berasal dari Ambon,” tutupnya. (dha)