Hewan Liar

Kastara.ID, Depok – Sejak Januari hingga Oktober 2021, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok telah berhasil mengevakuasi sebanyak 298 hewan liar. Jenis Hewan yang dievakuasi terdiri dari ular, lebah, biawak dan anjing.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Gandara Budiana mengatakan, evakuasi terbanyak dilakukan pada bulan Januari dengan 57 kali. Sedangkan pada bulan Februari 47 kali, Maret 43 kali, April 27 kali, Mei 25 kali, Juni dan Agustus masing-masing 23 kali, Juli 21 kali, September 18 kali, dan Oktober 14 kali.

“Untuk tempat evakuasinya bermacam-macam, ada yang di selokan, atap rumah, atas pohon hingga di dalam paralon,” kata Gandara yang dilansir laman resmi Pemkot Depok (17/11).

Gandara melanjutkan, warga yang membutuhkan bantuan unutk evakuasi hewan liar bisa menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112. Dapat juga menghubungi nomor Markas Komando (Mako) atau Unit Pelaksana Teknis (UPT) Damkar dan penyelamatan di wilayah masing-masing.

Warga dapat menyampaikan melalui medias sosial. Seperti Instagram @officialdamkardepok maupun facebook Damkar Depok.

“Setelah melapor akan dihubungi oleh petugas mengenai detail terkait pertolongan yang dibutuhkan untuk menyiapkan alat dan personel di lapangan,” tuturnya.

Terakhir, layanan yang diberikan oleh pasukan branwir ini tidak dipungut biaya. Baik untuk layanan pemadaman, evakuasi pohon tumbang serta hewan liar.

“Semuanya gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun,” tutupnya. (dha)