Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga DKI Jakarta, Andri Yansyah, prestasi ini menjadi rekor bagi DKI Jakarta untuk cabang olahraga (cabor) renang di POMNas.

Alhamdulillah, hingga seluruh nomor cabor renang selesai dipertandingkan DKI Jakarta berhasil meraih prestasi luar biasa dengan torehan 23 emas, tujuh perak, dan enam perunggu,” ujarnya di Amandit Aquatic Center, Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan, Sabtu (18/11).

Andri Yansyah menjelaskan, prestasi tersebut menjadi pencapaian tertinggi sejak tahun 2007 dengan raihan 21 emas.

“Hasil di POMNas XVIII ini sungguh luar biasa, semoga bisa menjadi motivasi bagi semua atlet untuk bisa berprestasi lebih baik lagi di PON XXI,” terangnya.

Menurutnya, hingga hari ini pukul 11.36 WITA, secara kumulatif DKI Jakarta telah mengumpulkan 53 emas, 27 perak, dan 19 perunggu.

“Mudah-mudah dari cabor yang masih bertanding seperti sepak takraw, basket 5×5, catur, karate, gulat hingga tenis juga bisa meraih banyak medali agar Jakarta menjadi Juara Umum,” ungkapnya.

Chef de Mission Kontingen DKI Jakarta di POMNas XVIII, Abdul Syukur turut merasa bangga dan mengapresiasi prestasi yang diraih atlet cabor renang.

Alhamdulillah, apresiasi tinggi dan Terima kasih saya ucapkan kepada seluruh atlet dan ofisial DKI Jakarta di cabor renang. Prestasi ini sangat membanggakan dan luar biasa,” bebernya.

Atlet renang DKI Jakarta, Serenna Karmelita Muslim mengaku sangat senang dan bersyukur atas prestasi yang berhasil diraih di POMNas XVIII dengan raihan lima medali emas.

“Alhamdulillah, rasa syukur saya kepada Allah. Terima kasih saya kepada kedua orang tua, Pak Kadispora DKI Jakarta, ketua kontingen, manager, pelatih, dan kawan-kawan yang selalu memberikan dukungan dan doa sehingga saya bisa meraih medali emas,” ucap Serenna yang masih berkuliah di Universitas Bina Nusantara.

Ia berharap, dengan prestasi yang sudah diraih bisa bergabung dalam tim Pelatnas agar bisa mewakili Indonesia di kompetisi tingkat internasional.

“Saya akan terus giat berlatih agar bisa terus meraih prestasi terbaik untuk mengharumkan Jakarta dan Indonesia. Sukses Jakarta untuk Indonesia,” ucapnya.

Sementara Manajer Tim Renang DKI Jakarta, Luki Damopoli menyampaikan, DKI Jakarta mengirimkan sebanyak enam atlet putra dan enam atlet putri di POMNas XVIII, Kalimantan Selatan.

“Mereka didampingi sebanyak enam orang ofisial. Terima kasih saya atas perjuangan luar biasa ini sehingga DKI Jakarta berhasil menjadi Juara Umum cabor renang di POMNAs XVIII,” tandasnya. (hop)