Udang Vannamei

Kastara.ID, Jakarta – Pembudidaya binaan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kepulauan Seribu, di Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan berhasil memanen udang jenis vannamei seberat 1,5 ton.

Panen ini menjadi salah satu bukti sektor perikanan di Kepulauan Seribu, khususnya budi daya udang masih bisa tetap produktif meski di masa pandemi COVID-19.

Kepala Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu Devi Riana Sumanthi mengatakan, sebagai pembudi daya udang binaan di Pulau Untung Jawa, PT Shrimp Farm Aquakultur (SFA) memiliki luas kolam budi daya udang laut sekitar 2 hektare.

“Panen udang vannamei dengan berat 1,5 ton kali ini didapat dari satu kolam berukuran 1.891 meter persegi. Ini merupakan hasil penyebaran benih empat bulan lalu dengan ukuran 26-30 yang harga jualnya mencapai Rp 100 ribu per kilogram,” ujarnya (17/12).

Devi menjelaskan, selama pandemi ini sudah dilakukan tiga kali panen dengan jumlah mencapai 6,6 ton dari tebar benih sebanyak 604.800 ekor udang.

“Kita berharap, budi daya ini bisa menciptakan lapangan kerja bagi warga setempat dan produksinya terus meningkat untuk memenuhi kebutuhan lokal dan ekspor,” tandasnya. (hop)