AstraZeneca

Kastara.ID, Jakarta – Vaksin Covid-19 yang merupakan bantuan dari Pemerintah Belanda dan Jepang tiba di Bandara Soekarno Hatta hari ini, Rabu (19/1). Masuknya vaksin tersebut adalah upaya dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang kembali naik.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menjelaskan, vaksin donasi dari Belanda sebanyak 228.800 dosis AstraZeneca. Adapun vaksin ini diperoleh melalui Covax atau Covid-19 Vaccines Global Access.

Menurut Menlu, donasi tersebut merupakan pengiriman ke-10 dukungan vaksin dari Pemerintah Belanda. Dengan tibanya vaksin hari ini, jadi Indonesia telah menerima sejumlah 6.047.400 dosis vaksin dari Belanda.

“Dukungan ini merupakan bukti solidaritas yang kuat dari Belanda bagi program vaksinasi Indonesia,” ucapnya dalam siaran persnya kepada pewarta, di Jakarta, Rabu (19/1).

Sedangkan donasi vaksin dari Jepang sebanyak 1.175.800 dosis AstraZeneca.

Sementara Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong menegaskan, total donasi vaksin yang masuk ke Tanah Air hari ini mencapai 1,4 juta dosis. (ant)