Embrio Manusia

Kastara.ID, Jakarta – Kemajuan di bidang ilmu kedokteran saat ini sudah sampai pada tahap menciptakan model embrio manusia dalam cawan petri.

Jurnal ilmiah Inggris, Nature, memuat laporan mengenai ilmuwan di AS dan Australia yang telah berhasil menciptakan model embrio manusia dalam cawan petri.

Laporan tersebut menyebutkan dua penelitian yang menunjukkan sel punca embrio manusia atau sel dari jaringan dewasa yang diprogram ulang, dapat diinduksi untuk berkembang secara mandiri dalam cawan petri, membentuk struktur yang menyerupai embrio awal manusia.

Pada tahap awal perkembangannya, embrio manusia membentuk struktur yang disebut blastokista. Para peneliti telah menciptakan struktur mirip blastokista atau “blastoid” dari sel dalam cawan petri.

Ini adalah model embrio manusia terintegrasi pertama yang mengandung jenis sel yang memiliki relasi pada semua garis keturunan sel pembentuk janin dan jaringan pendukung tisunya, demikian disebutkan dalam laporan itu.

Blastoid buatan ini bisa menjadi alternatif yang dapat diakses dan terukur untuk membantu meningkatkan teknologi reproduksi, pengetahuan tentang perkembangan awal embrio dan mencegah keguguran serta cacat dalam kandungan, kata studi tersebut. (nth)