Mercedes-Benz

Kastara.id, Frankfurt – Perusahaan mobil premium asal Jerman, Daimler, berencana meluncurkan lebih dari 10 model kendaraan listrik bermerek Mercedes-Benz pada 2022. Upaya tersebut menjadi indikasi untuk menyaingi upaya pabrikan Amerika Serikat, Tesla, yang kini tengah menggenjot produksi mobil listrik Model 3.

Tak tanggung-tanggung, seperti dilansir Reuters (18/5), pihak Daimler akan menginvestasikan dana 500 juta euro untuk memproduksi mobil listrik kompak di Hambach, Prancis, yang juga lokasi perakitan mobil bermerek Smart.

“Pabrik Smart di Hambach akan menjadi bagian dari jaringan produksi mobil compact global dengan pabrik utama di Rastatt, Jerman,” kata kepala produksi Mercedes-Benz Markus Schaefer.

Mercedes akan memproduksi varian listrik secara massal di jalur produksi yang sama dengan model mesin bensin, hibrida atau diesel. Bahkan juru bicara Daimler menyatakan bahwa hal itu memungkinkan Mercy meningkatkan produksi dengan cepat jika terjadi lonjakan permintaan.

Saat ini Mercedes membuat model A-class, B-class dan GLA di pabrik Rastatt-Jerman, Kecskemét-Hungaria, Beijing, dan Aguascalientes-Meksiko, untuk membuat 620.000 kendaraan kompak pada tahun lalu.

Sementara Tesla baru mengirimkan sebanyak 101.312 kendaraan pada tahun lalu. (dwi)