MotoGP 2022(motogp.com)

Kastara.ID, Sachsenring – Gresini Racing telah mengkonfirmasi bahwa mereka akan beralih ke pabrikan Bologna, Ducati mulai musim MotoGP 2022 yang akan datang.

Tim ini nantinya akan diperkuat oleh pembalap Italia, Enea Bastianini dan satu rookie, Fabio Di Giannantonio, yang saat ini tengah membalap untuk Gresini Racing di kelas Moto2.

Di Giannantonio juga berstatus pembalap Indonesian Racing, sebagai salah satu sponsor kuat di tim Gresini.

Tim ini sebenarnya telah mengumumkan pada Desember 2020 lalu bahwa mereka akan kembali menjadi tim satelit tahun depan setelah tujuh musim sebagai tim pabrikan Aprilia.

Pada saat itu belum disebutkan apa motor yang akan dipakai oleh Gresini Racing, tapi sekarang mereka telah mengumumkan secara resmi dengan Ducati, durasi kontrak berjalan dua musim, tapi spek motor belum disebutkan.

Ini menandai evolusi terbaru Gresini Racing setelah kematian pendirinya Fausto pada Februari setelah berjuang melawan COVID-19 dari hari-hari terakhir tahun 2020.

Istrinya, Nadia Padovani, ditunjuk sebagai kepala tim baru pada bulan April, dengan putranya, Lorenzo dan Luca juga bekerja dalam menjalankan tim.

“Ini adalah momen yang sangat emosional bagi kami masing-masing,” ungkap Padovani dalam rilis resmi yang dilansir Speedcafe.

“Pada bulan-bulan sebelumnya, upaya kami bergabung dengan dorongan emosional yang kuat untuk membentuk masa depan Gresini Racing, dan sekarang sangat bangga dan senang untuk membuat pengumuman resmi.

Ini adalah proyek yang lahir dari kesinambungan dan berdasarkan nilai-nilai yang di atasnya Fausto membangun institusi luar biasa ini.

Terima kasih pertama dan terutama kepada Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna Sports) karena memastikan kami tidak pernah merasa sendirian selama bulan-bulan ini, kepada Ducati karena mempercayai proyek kami, kepada Flex-Box yang bergabung dengan kami dalam tantangan baru ini sebagai sponsor utama dan tentunya kepada Di Giannantonio dan Bastianini; Saya yakin mereka akan memberikan yang terbaik untuk mengibarkan bendera Gresini Racing,” harapnya.

Menurut manajer umum Ducati Corse, Gigi Dall’Igna, kesepakatan itu telah berjalan sejak akhir tahun lalu.

“Kami sangat senang telah mencapai kesepakatan dengan Gresini Racing untuk dua musim MotoGP berikutnya,” ujar Dall’Igna.

“Kami telah meletakkan dasar dari kemungkinan kesepakatan dengan Fausto pada akhir tahun lalu dan kami ingin mengucapkan terima kasih – dari lubuk hati kami – keluarganya untuk membawa proyek ini ke depan bersama kami.

Gresini Racing telah menjadi institusi yang sangat penting di MotoGP selama bertahun-tahun dan kami yakin kemitraan ini, yang dapat mengandalkan dua pembalap yang sangat berbakat seperti Bastianini dan Di Giannantonio akan sangat memuaskan bagi semua pihak yang terlibat,” papar Dall’Igna.

Ezpeleta juga ikut berkomentar. “Pertama-tama, senang bisa terus bekerja dengan Gresini Racing sebagai Tim Satelit. Saya tahu betapa Fausto peduli dengan proyek ini dan saya yakin dia akan sangat bangga sekarang.

Saya memiliki kesempatan untuk berbicara dengan Nadia dalam beberapa pekan terakhir dan saya melihat dalam dirinya, pada putra-putranya dan seluruh tim, tekad dan semangat besar untuk olahraga ini yang menjadi ciri khasnya.

Kami senang Gresini Racing akan melanjutkan, setidaknya, lima tahun lagi di Kelas utama,” ungkap Ezpeleta.

Di Giannantonio sudah menjadi bagian dari keluarga Gresini di skuad Moto2-nya, dan saat ini memegang posisi kelima di klasemen sementara dengan satu kemenangan sejauh musim 2021 ini berjalan. (tra)