Kastara.ID, Spielberg — Pembalap Spanyol, Pol Espargaro, menerima hukuman turun tiga posisi grid untuk balapan hari Ahad besok.

Pol mendapat penalti setelah dinyatakan bersalah dalam insiden di sesi Latihan pada Jumat sore di Red Bull Ring (18/9).

Pol melambat di racing line, menghambat laju pembalap dibelakangnya, Marc Marquez (Repsol Honda) yang sedang berusaha mencetak lap cepat.

Pembalap GASGAS Tech3 Factory Racing itu mengaku bersalah dan menerima hukumannya.

“Saya pantas dihukum,” jelas Pol terus terang.

“Saya melihatnya datang dan berbicara dengan Marc setelah insiden itu. Tidak ada yang bisa membayangkan seberapa cepat motor ini akan tiba. Jika Anda telah pergi selama saya, maka Anda tidak mendapatkan koordinasi kecepatan dan jarak. Saya berasumsi bahwa dia akan melewati saya lebih cepat. Tapi dia tidak datang dan saya harus berbelok ke tikungan. Tapi kemudian datang, jadi saya harus menutup gas lebih awal. Itu kesalahan saya, saya salah perhitungan. Pada akhirnya, itu adalah hasil dari sekian lama saya tidak mengendarai motor MotoGP. Saya minta maaf,” papar Pol.

Insiden itu terjadi di menit-menit terakhir sesi Latihan. Pol melambat dan berlama-lama di racing line ideal di Tikungan 4 Red Bull Ring, menghalangi Marquez.

“FIM MotoGP Stewards Panel mengkategorikan ini sebagai ‘berkendara yang tidak bertanggung jawab’ dan menjatuhi Pol dengan penalti turun tiga posisi di grid untuk Grand Prix hari Ahad,” ungkap Speedweek.com.

Pol mendapat penalti lantaran insiden tersebut terjadi pada sepuluh menit terakhir sesi Latihan, yang mengakibatkan Marquez terhalang mencetak lap cepat.

Kali ini Marquez yang menjadi korban dan menempati posisi ke-13 secara keseluruhan, gagal lolos langsung ke Q2.

Sesi Kualifikasi MotoGP Austria akan berlangsung pada Sabtu (19/8). (tra)