Plt Wali Kota Batu

Kastara.id, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo segera menyiapkan surat penunjukan Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Batu menggantikan Eddy Rumpoko yang terjerat dugaan kasus korupsi.

“Jangan sampai roda pemerintahan berhenti. Tugas Plt juga mempersiapkan proses pelantikan wali kota yang baru hasil pilkada serentak 2017. Masa jabatan wali kota yang lama habis pada awal Desember,” kata Mendagri, Selasa (19/9).

Mendagri mengharapkan, agar pelaksanaan pemerintahan di daerah tidak sampai terganggu dengan adanya Operasi Tangkap Tangan (OTT) tersebut.

“Pusat akan segera ambil sikap dengan mengangkat Plt setelah ada pernyataan resmi KPK agar birokrasi dan pelayanan publik tak bermasalah,” ujarnya.

Mendagri meyakini, dalam bertindak, KPK pasti memiliki cukup bukti dan data-data atas dugaan kasus yang tengah diselidiki.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan tiga orang tersangka yakni Wali Kota Batu Eddy Rumpoko, Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan Kota Batu Edi Setyawan, dan pengusaha Filipus Djap dalam OTT pada Sabtu (16/9). (npm)