Rika Sudranto

Kastara.ID, Jakarta – Sea World Ancol menjadi tempat wisata pertama di Indonesia yang berhasil mengembangbiakan ubur-ubur. Ini sejalan dengan misi mereka sebagai destinasi wisata yang mengedepankan edukasi, hiburan, dan konservasi.

Vice President Sea World & Ocean Dream Samudra Ancol Rika Sudranto mengatakan, sejak 2018 lalu pihaknya telah mendirikan laboratorium khusus untuk memantau perkembangan ubur-ubur. Melalui teknik kultur, ubur-ubur dapat dikembangbiakan dengan sistem dan metode yang unik.

“Sejalan dengan misi Sea World yang mengemban edukasi, hiburan dan konservasi. Kehadiaran program ini melengkapi fungsi Sea World Ancol dalam bidang konservasi,” tuturnya, Kamis (19/9).

Dia berharap, kehadiran laboratorium budidaya ubur-ubur ini bisa menjadi sarana pembelajaran, pusat penelitian dan konservasi yang mampu memberikan informasi terlengkap seputar ubur-ubur di Indonesia.

“Sebelum budidaya ubur-ubur kami telah melakukan budidaya terhadap biota laut lumba-lumba jenis hidung botol, dan itu juga berhasil,” tutupnya. (hop)