Situ Tujuh Muara

Kastara.ID, Depok – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DKLH) Depok Ety Suryahati dan Lurah Bojongsari Ilham menghadiri acara World Clean Up Day tahun 2021 bersih-bersih di Situ Tujuh Muara di Jalan Ali Andong RT 01 RW 09, Bojongsari, Depok, Ahad (19/9).

Imam Budi Hartono mengatakan, bersih-bersih Situ Tujuh Muara ini sangat keren yang disponsori oleh pokdawis dan RW yang ada di situ ini, sangat kompak warganya menjaga Situ Tujuh Muara.

“Sebuah kegiatan untuk mencintai alam dan bersihkan lingkungan, kita berharap ini terjadi di semua kalangan baik itu di sungai maupun di sekitar kita,” ujarnya.

Imam menambahkan, pada saat ini Kota Depok ini terdapat 23 Situ yang aktif dari 40-an situ, Pemerintah Daerah (Pemda) Depok akan menjaga situ aktif yang ada untuk dijadikan destinasi pariwisata Depok. “Jujur saja ini bagus banget kalau dikelola dengan profesional. Nantinya ada pemasukan bagi warga setempat,” ungkap Imam.

Ada beberapa situ yang hilang, sekarang sudah menjadi perumahan. Jadi tidak bisa mengatisipasi. “Tapi jangan salahkan kami kalau perumahan tersebut banjir, karena di situ adalah situ,” jelasnya.

Untuk masyarakat di sekitar situ, Wakil Wali Kota Depok atas nama pribadi maupun pemerintah mengingatkan jangan pernah buang sampah sembarangan, apalagi membuang sampah ke situ maupun sungai.

“Jadikanlah sampah bukan musibah, akan tetapi jadikanlah sampah berkah karena sampah ke depannya bernilai ekonomis, baik itu dari plastiknya maupun organiknya siapa yang bisa mengelola dari pemda akan memberikan anggaran,” imbuh Imam.

Sekarang bank sampah di Kota Depok sudah ada 309. “Nantinya setiap RW saya pastikan sudah ada bank sampah,” katanya.

“Insya Allah, nantinya sepanjang area situ ini akan dibuatkan semacam jogging track atau jalur sepeda dari paving block, agar dijaga bersama keberlangsungannya setelah ditata dan mohon perhatiannya,” pesan Imam. (*)