Jumat Menanam

Kastara.ID, Jakarta – Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta terus menggencarkan aksi penghijauan lingkungan melalui Jumat Menanam. Kali ini, sebanyak 44 pohon ditanam di TMB Mandor Hasan dan 16 lainnya di Taman Casia, Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur.

Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Suzi Marzitawati mengatakan, penanaman pohon ini rutin dilakukan setiap hari Jumat dikemas dalam bentuk kegiatan Jumat Menanam.

“TMB Mandor Hasan dan Taman Casia memiliki luas 6.140 meter persegi. Uniknya, TMB Mandor Hasan ini lokasinya berhimpitan dan terkoneksi dengan Taman Casia,” ujarnya, melalui keterangan tertulis, Jumat (19/11).

Menurutnya, sebanyak 60 pohon yang ditanam terdiri dari Kamboja Fosil 10 pohon, Mahoni 20 pohon, Tabebuya 15 pohon, dan Pule 15 pohon.

“Penanaman pohon ini sebagai bentuk sosialisasi dan edukasi pada masyarakat soal pentingnya bercocok tanam dan penghijauan. Selain membuat lingkungan menjadi asri, pohon ini sangat berguna untuk meningkatkan kualitas udara,” tandasnya.

Untuk diketahui, dalam Jumat Menanam kali ini diikuti Sekretaris Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Romi Sidharta; Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Timur, Christian Tamora Hutagalung. Hadir serta 50 Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Penyedia Jasa Lainnya Orang Perorangan (PJLP).

Program penanaman pohon ini mengacu pada Ingub DKI  Nomor 17 Tahun 2021 tentang Pengendalian Dampak Bencana Iklim serta Ingub Nomor 24  Tahun 2021 tentang Pengelolaan dan Perlindungan Pohon. (hop)