Kastara.Id,Depok – Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok Gandara Budiana menyerahkan penghargaan kepada kelurahan dan kelompok masyarakat (Pokmas) pelaksana swakelola terbaik I, II dan III. Penghargaan tersebut diberikan karena Kelurahan dan Pokmas dianggap optimal dalam perencanaan  evaluasi hingga dalam pengelolaan keuangan.

“Penghargaan ini hendaknya dijadikan semangat dalam membangun kerja sama di wilayah. Penghargaan ini juga tidak lepas dari peran masyarakat yang tergabung. Terutama dalam perencanaan, evaluasi sampai dengan optimalisasi pengelolaan keuangan,” katanya, usai menjadi pembina apel pagi di lingkup Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota (Pemkot) Depok di Halaman Balai Kota Depok, Senin (18/12).

Gandara berharap, prestasi tersebut bisa diikuti kelurahan lainnya, sehingga muncul kesadaran untuk menciptakan kerja sama serta gotong royong masyarakat dalam pembangunan di wilayah.

“Ini merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Kota (Pemkot) Depok kepada kelurahan dan Pokmas. Selamat kepada para penerima penghargaan, terus berikan yang terbaik untuk pembangunan di wilayah,” Ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Pembangunan Setda Kota Depok Reni Siti Nuraeni mengatakan, kegiatan pembangunan infrastruktur di kelurahan telah dilaksanakan secara swakelola tipe 4 sejak tahun 2022. Diawali dengan pembentukan kelompok masyarakat di kelurahan sebagai cikal bakal pelaksana swakelola tipe 4.

“Kami melakukan penilaian terhadap kriteria yang sudah ditentukan. Hasilnya terdapat kelurahan dan Pokmas pelaksana swakelola terbaik I, II dan III,” terangnya.

Adapun, tiga kelurahan terbaik diantaranya terbaik I Kelurahan Pancoran Mas, terbaik II Kelurahan Cipayung Jaya, terbaik III Kelurahan Kukusan.

“Kemudian Pokmas terbaik I diraih oleh Pokmas Berkarya Kelurahan Kukusan, terbaik II Pokmas Cipayung Jaya Bersatu Kelurahan Cipayung Jaya dan terbaik III Pokmas Nyaman Kelurahan Limo,” terangnya.

Lurah Pancoran Mas  M Soleh Mengatakan,penghargaan ini tidak lepas peran masyarakat di wilayah Pancoran Mas,sekali lagi terima kasih saya ucapkan yang pertama buat Pemerintah Kota Depok,dan juga warga saya di wilayah.

Masih kata Soleh, ” Akan bekerja lebih giat lagi  dan tak lepas di bantu oleh staf di kantor”,tanpa mereka saya buka apa-apa.

“Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah uang pembinaan. Untuk Juara Pertama Rp5 juta, Juara Kedua Rp4 juta dan Juara Ketiga Rp3 juta. Serta piagam penghargaan,” tutupnya.