SMP Negeri 20 Depok

Kastara.ID, Depok – Wali Kota Depok Mohammad Idris meresmikan delapan ruang kelas baru (RKB) SMP Negeri 20 Depok, Ahad (20/1). Pembangunan yang menelan anggaran Rp 3,2 miliar ini pekerjaannya dilaksanakan oleh PT MNC Citra Pratama sejak 31 Agustus sampai 28 Desember 2018.

Dalam kesempoatan tersebut, Wali Kota Depok berjanji tahun ini akan memberikan bantuan/hibah kepada SMPN 20 untuk tambahan sarana prasarana olahraga dan seni budaya.

“Anggarannya berasal dari hibah APBD perubahan yang rencananya akan diajukan Februari atau Maret,” janji Idris.

Selain itu, Wali Kota Depok juga menjanjikan akan memberikan hadiah bus sekolah bagi SMP Negeri yang masuk lima besar peraih NEM tertinggi se-Kota Depok.

“Pemkot Depok belum bisa membelikan bus sekolah untuk semua sekolah negeri yang jumlahnya 26 sekolah dikarenakan anggarannya terbatas. Makanya kita akan berikan hadiah bagi SMP Negeri yang NEM-nya lima besar tertinggi se-Kota Depok,” katanya.

“Bantuan bus sekolah ini merupakan salah satu solusi dampak dari keterbatasan sarana prasarana sekolah. Sehingga banyak anak-anak membawa kendaraan ke sekolah yang sebenarnya ini merupakan pelanggaran undang-undang berlalu lintas. Karena peraturannya harus ada SIM, sementara umurnya belum cukup untuk mendapatkan SIM,” imbuhnya.

Wali Kota juga berpesan, agar nantinya gedung baru ini bisa dijaga, dipelihara, dan dimanfaatkan semaksimal mungkin. Yang lebih penting adalah pendidikan karakter yang harus dibiasakan di sekolah.

Sementara Kepala Dinas Perumahaan dan Pemukiman Kota Depok (Kadis Rumkin) Dudi Miraz mengatakan, anggaran ini meliputi delapan ruang kelas di lantai tiga, termasuk toilet yang masing-masing difasilitasi exhaust fan (penghisap udara), merapikan lapangan, pos jaga, pagar depan, pagar exiting, dan pagar pintu gerbang.

“Dinas Rumkin hanya membangun, bukan mengejar volume. Tetapi pemanfaatannya bisa betul-betul dirasakan tepat waktu dan sesuai dengan spek yang telah direncanakan,” kata Dudi. (rud)