Kastara.ID, Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan bahwa virus corona (Covid-19) bisa memporakporandakan Indonesia jika tidak ditangani secara baik.

“Hal ini sangat berbahaya, menghantui keselamatan jiwa manusia dan berpotensi memporakporandakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, khususnya fondasi sosial-ekonomi kita,”, kata AHY dalam keterangan tertulis, Jumat (20/3).

Oleh karena itu, AHY menyarankan agar pemerintah perlu bertindak cepat dalam menangani virus ini. Terlebih lagi sudah ada 309 kasus penularan dan 25 kematian akibat corona.

Selain itu, Demokrat menawarkan beberapa opsi kebijakan. Pertama, AHY dan partainya menyarankan Jokowi menerapkan pembatasan kewilayahan atau lockdown secara terbatas.

Selain itu, AHY juga menyarankan pemerintah secepatnya menggelar rapid test secara massal. Dia bilang Indonesia perlu membuka tangan jika ada negara lain yang hendak memberi bantuan untuk tes kesehatan ini.

Dia juga mendesak pemerintah melakukan relaksasi pajak penghasilan, pajak impor, dan percepatan restitusi. Dia berpendapat hal itu perlu disegerakan mengingat IHSG dan nilai mata uang rupiah rontok.

Dia juga meminta Jokowi dan jajarannya mengalihkan anggaran di beberapa pos kebijakan untuk penanganan corona. AHY mengatakan pemerintah perlu mengutamakan para pekerja yang penghasilannya terancam karena krisis ini untuk menjaga daya beli masyarakat.

Lebih lanjut, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bekerja sama melawan corona. Dia bilang kondisi krisis ini harus dilalui bersama. (ant)