Fokus Depok

100 Persen Stop BABS jadi Target Kecamatan Limo

Kastara.ID, Depok – Kecamatan Limo terus berupaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Salah satunya mendorong seluruh kelurahannya untuk mendeklarasikan Open Defecation Free (ODF) atau stop Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Ketua Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) Kecamatan Limo Risani Pattisahusiwa mengatakan, dari empat kelurahan di Kecamatan Limo, baru Meruyung yang sudah mendeklarasikan ODF. Untuk itu, pihaknya tengah melakukan verifikasi lapangan di dua kelurahan yakni Limo dan Krukut guna mendata warga yang belum memiliki pembuangan yang sesuai standar.

“Di Limo sendiri kami mendata ada kurang lebih 50 Kepala Keluarga (KK) yang belum memiliki pembuangan yang sesuai standar. Sedangkan di Krukut dari awalnya 200 KK kini semakin berkurang karena terkena tol, perkiraan kami sisa kurang lebih 10 KK,” katanya sebagaimana dimuat situs resmi Pemkot Depok, Selasa (20/4).

Upaya ini dilakukan demi mendukung Kota Depok mencapai 60 persen atau sekitar 30 Kelurahan mendeklarasikan diri menjadi Kelurahan ODF di tahun 2021. Maka itu, hasil verifikasi akan segera dilaporkan melalui UPTD Puskesmas Limo ke dinas terkait.

“Verifikasi dilakukan oleh FKKS serta kader. Sebab ini merupakan upaya partisipatif kader Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dalam rangka menuju kelurahan ODF. Kami sebelumnya juga memberikan sosialisasi untuk berperan dalam proses verifikasi dan sosialisasi PHBS kepada warga,” jelasnya. (dha)

Leave a Comment

Recent Posts

Ahli Waris Kampung Bojong Malaka Gelar Silaturahmi dan Doa Bersama

  Kastara.Id,Depok - Ahli waris Kampung Bojong Malaka mengadakan halal bihalal dan doa bersama agar…

Nuroji : Gerindra Sudah Mengantongi Dua Nama Supian Suri dan Yeti Wulandari Untuk Walikota dan Wakilnya

Kastara.Id,Depok- Nuroji anggota DPR RI Fraksi Gerindra  terpilih kembali di Pileg 2024 menghadiri undangan acara…

Pemerintah Kota Depok Harus Ada BPR Untuk Peningkatan Ekonomi Daerah

Kastara.Id,Depok - Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat akan membentuk Bank Perkreditan Rakyat atau BPR sebagai…

Paripurna DPRD Depok Dalam Rangka Memperingati HUT Depok ke-25

Kastara.Id,Depok- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Depok menggelar Rapat Paripurna dalam rangka memperingati HUT…

Jokowi dan Gibran Pas Berlabuh di PSI atau Golkar

Kastara.ID, Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) dengan tegas menyatakan, Joko Widodo (Jokowi) dan Gibran Rakabuming…

Alhamdulilah SK sudah diberikan Imam Budi Hartono

Kastara.Id,Depok - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu  resmi memberikan Surat Keputusan (SK) rekomendasi…